Bentuk Manajemen Pendidikan Indonesia Dalam Menghadapi Era Global dan Kreativitas Anak Didik

Authors

  • Asnedi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jayabaya
  • Siti Wahyu Utami Fakultas Hukum Universitas Ibnu Chaldun
  • Veronika Yuni Trisnowati Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jayabaya
  • Amrul Natalsa Sitompul Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jayabaya

Keywords:

manajemen pendidikan, kreativitas anak

Abstract

Penelitian ini mengkaji bentuk manajemen pendidikan Indonesia dalam menghadapi era globalisasi dan upaya pengembangan kreativitas peserta didik; bertolak dari telaah terhadap kebijakan Standar Nasional Pendidikan (PP No. 19/2005) serta landasan konstitusional (UUD 1945 dan UU No. 20/2003), penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali pandangan, praktik, dan implikasi kebijakan terhadap proses pembelajaran serta pengelolaan peserta didik; data dianalisis dengan teknik triangulasi untuk memperkuat validitas temuan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan SNP sebagaimana diatur dalam PP 19/2005 berpotensi mereduksi amanat konstitusi dan mengarah pada monokultur, teknologisentris, industrisentris, serta mengabaikan diferensiasi dan pengembangan bakat kreatif peserta didik; oleh karena itu diperlukan upaya pemetaan mutu secara nasional, pengkajian ulang standarisasi, penerapan kurikulum berdiferensiasi, layanan pendidikan inklusif bagi peserta berbakat, serta proses penetapan kebijakan yang bersifat bottom-up dan disertai strategi implementasi integral untuk menjaga nilai-nilai budaya dan kemanusiaan dalam pendidikan.

Downloads

Published

2025-03-18

How to Cite

Asnedi, Utami, S. W., Trisnowati, V. Y. ., & Sitompul, A. N. (2025). Bentuk Manajemen Pendidikan Indonesia Dalam Menghadapi Era Global dan Kreativitas Anak Didik. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 24(2), 69–73. Retrieved from http://ejournal-jayabaya.id/Perspektif/article/view/340