Bentuk Manajemen Pendidikan Indonesia Dalam Menghadapi Era Global dan Kreativitas Anak Didik
Keywords:
manajemen pendidikan, kreativitas anakAbstract
Penelitian ini mengkaji bentuk manajemen pendidikan Indonesia dalam menghadapi era globalisasi dan upaya pengembangan kreativitas peserta didik; bertolak dari telaah terhadap kebijakan Standar Nasional Pendidikan (PP No. 19/2005) serta landasan konstitusional (UUD 1945 dan UU No. 20/2003), penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali pandangan, praktik, dan implikasi kebijakan terhadap proses pembelajaran serta pengelolaan peserta didik; data dianalisis dengan teknik triangulasi untuk memperkuat validitas temuan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan SNP sebagaimana diatur dalam PP 19/2005 berpotensi mereduksi amanat konstitusi dan mengarah pada monokultur, teknologisentris, industrisentris, serta mengabaikan diferensiasi dan pengembangan bakat kreatif peserta didik; oleh karena itu diperlukan upaya pemetaan mutu secara nasional, pengkajian ulang standarisasi, penerapan kurikulum berdiferensiasi, layanan pendidikan inklusif bagi peserta berbakat, serta proses penetapan kebijakan yang bersifat bottom-up dan disertai strategi implementasi integral untuk menjaga nilai-nilai budaya dan kemanusiaan dalam pendidikan.






