PENGARUH VARIASI PRODUK DAN INSENTIF PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN AFFILIATE MARKETING TIKTOK SHOP (STUDI PADA GENERASI Z PENGGUNA TIKTOK DI KAB. TANGERANG)

Authors

  • Eko Sugiyanto Administrasi Bisnis Internasional, Politeknik LP3I Jakarta
  • Lisa Yunita Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I Jakarta
  • Juliyah Deviana Sari Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I Jakarta
  • Mutiara Adelia Administrasi Bisnis, Politeknik LP3I Jakarta

Abstract

Aplikasi TikTok memiliki berbagai fitur unik yang jarang ditemukan di platform lainnya yaitu fitur Afiliasi TikTok (TikTok Affiliate), yang diyakini dapat membantu peningkatan penjualan. Tujuan penelitian untuk mengkaji pengaruh variasi produk dan insentif penjualan secara bersamaan dan secara terpisah terhadap peningkatan Affiliate TikTok di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposif dan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan data 100 responden dari generasi Z pengguna TikTok di Kab. Tangerang, dengan rentang usia 11-26 tahun. Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner untuk pengumpulan data. Data diuji melalui uji regresi linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa variasi produk dan insentif penjualan secara simultan mempengaruhi peningkatan Affiliate TikTok di Indonesia. Sama halnya secara partial, kedua variabel tersebut juga memiliki signifikansi dalam mempengaruhi peningkatan Affiliate TikTok di Indonesia, khususnya pada generasi Z yang menggunakan aplikasi TikTok.

Kata Kunci: Affiliate, insentif, variasi produk

Downloads

Published

2024-05-07

How to Cite

Eko Sugiyanto, Lisa Yunita, Juliyah Deviana Sari, & Mutiara Adelia. (2024). PENGARUH VARIASI PRODUK DAN INSENTIF PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN AFFILIATE MARKETING TIKTOK SHOP (STUDI PADA GENERASI Z PENGGUNA TIKTOK DI KAB. TANGERANG). Jurnal Manajemen Diversitas, 4(1), 13–21. Retrieved from https://ejournal-jayabaya.id/Manajemen-Diversitas/article/view/160