KONTRIBUSI PEMASARAN VIRAL PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP PENETRASI PASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pemasaran viral sebagai penetrasi pasar pada media sosial instagram terhadap penetrasi pasar somethinc. Dalam penelitian ini, objek yang digunakan adalah instagram, somethinc, dan konten pemasaran somethinc di instagram serta yang menjadi populasi adalah pengguna somethinc yang memiliki akun instagram. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui rumus Lemeshow, sehingga didapat jumlah sampel sebesar 100 orang dan menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji koefisien korelasi dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa, uji t (parsial) pada variabel viral marketing di media sosial sebesar thitung 9,735 > ttabel 1,984. Selain itu, nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitasnya yaitu 0,000 < 0,05. Maka tolak Ho dan terima Ha. Begitu juga dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,492 atau 49,2%. Dengan hasil tersebut, maka variabel viral marketing di media sosial instagram memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap penetrasi pasar somethinc.
Kata kunci: Ekspansi Pasar, Media Sosial, Pemasaran Viral